Donburi Ichiya, Nikmatnya Rice Bowl dari Negeri Matahari Terbit

Donburi Ichiya, Nikmatnya Rice Bowl
dari Negeri Matahari Terbit


Bagi Anda para penggemar makanan Jepang pastinya tidak akan asing lagi dengan menu rice bowl atau lebih dikenal dengan nama Donburi. Semangkuk nasi putih hangat yang disajikan dengan berbagai jenis topping di atasnya.

Menemukan restoran yang menyajikan menu rice bowl di Jakarta bukanlah hal yang sulit, beberapa tahun belakangan ini. Mayoritas restoran Jepang di sini bisa dipastikan memiliki menu rice bowl andalannya masing-masing. Malahan salah satu chain restoran rice bowl terbesar di negeri sakura juga telah membuka banyak cabang di Jakarta dan juga wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Beberapa bulan lalu saya menemukan satu restoran baru yang menyatakan dirinya sebagai Japanese Bowl Rice Specialized yang bernama Donburi Ichiya dan belum lama ini saya akhirnya berkesempatan untuk menjajal rasa rice bowl milik Donburi Ichiya.

Berlokasi di Lotte Shopping Avenue, Jakarta ternyata gerai ini bukanlah gerai pertama Donburi Ichiya. Restoran ini telah memiliki dua gerai lainnya yang berada di Lippo Mall Puri dan Living World Alam Sutera. Restoran yang berada di lantai 3, Lotte Shopping Avenue ini bersebelahan dengan restoran masakan Korea yaitu School Food. Dengan konsep gerai semi terbuka, interior Donburi Ichiya didominasi dengan aksen kayu berwarna gelap. Di bagian dalam terdapat satu tembok panjang yang dihias dengan berbagai poster dengan gambar dan juga desain khas Jepang dengan banyak lampu putih bulat menggantung di bagian atas gerai. Alhasil suasana di dalam gerai ini terbilang cukup terasa "Jepang sekali".

Menu yang di hadirkan oleh Donburi Ichiya sesuai dengan namanya yaitu donburi dengan beragam topping pilihan. Mulai dari Yakitori, Karaage, Salmon, Tamago, Gyu Don (Beef) Gyu Tan (Beef Tongue), dan juga Unagi (Eel). Selain topping utama tersebut Donburi Ichiya juga menyediakan side topping seperti melted cheese, kimchi, tamagoyaki, Japanese curry, dan juga onsen tamago. Sementara itu berbeda dengan restoran rice bowl lainnya yang hanya biasanya hanya menyediakan satu atau dua pilihan saus, Donburi Ichiya menawarkan pilihan saus yang sangat beragam, seperti garlic, soy honey, regular mayo, spicy mayo, wasabi mayo, dan black pepper. Cukup beragam bukan. Selain itu mereka juga memiliki berbagai jenis tempura dan juga miso soup yang bisa dipesan untuk melengkapi semangkuk donburi hangat.

Kali ini saya memesan Beef Rice Bowl ukuran regular dengan side topping spicy mayo di atasnya. It was soooo goooood!!! I LOVE IT! Donburi Ichiya tidak memberi bumbu berlebihan kepada irisan dagingnya, mungkin supaya pelanggan bisa menikmati rasa saus yang dipilih dan hasilnya, sedapnya nasi hangat, irisan tipis daging sapi dan juga spicy mayo lumer seketika saat masuk ke dalam mulut saya. So creamy and yummy. Untuk memuaskan selera pedas orang Indonesia, Donburi Ichiya juga menyediakan potongan cabe rawit serta cabe bubuk untuk para pelanggannya. Sementara itu di atas meja juga sudah tersedia saus sambal sebagai cocolan tempura.  

Mengenai range harga, Donburi Ichiya terbilang cukup bersaing. Untuk menikmati semangkuk Beef Rice Bowl ukuran regular, Anda hanya perlu membayar sekitar 50 ribu rupiah saja. Walaupun dibilang ukuran mangkuk regular, tetapi porsi yang diberikan oleh Donburi Ichiya cukup besar juga loh dan mengenyangkan tentunya. Sebagai penggemar berat donburi, saya pastikan bajwa saya akan kembali lagi ke sini dan mencoba jenis topping donburi lainnya. Me Happy!!

Tampak Depan Donburi Ichiya di Lotte Shopping Avenue

Beberapa menu yang disajikan oleh Donburi Ichiya

Gyu Don with Spicy Mayo


Nama Restoran: Donburi Ichiya
Alamat: Lotte Shopping Avenue, Lt. 3, Jalan Professor Doktor Satrio Kav. 3-5, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta, Indonesia.
Google Maps:


No comments:

Post a Comment