Santap Sedap Hidangan Khas Negeri Ginseng di Bornga Express

Santap Sedap Hidangan Khas Negeri Ginseng
di Bornga Express

Siapa tidak mengenal Korea Selatan, Negeri cantik Asia Timur yang berada di Selatan Semenanjung Korea. Negara dengan luas sekitar seratus kilometer persegi ini belakangan mendunia karena Korean Hallyunya. Musik dan lagu-lagu berbahasa Korea kini hampir bisa didengarkan di berbagai negara dunia. Korean Hallyu ternyata tidak hanya membuat musik dan juga lagu serta artis asal Negeri Ginseng ini terkenal, namun juga berbagai macam hal yang berhubungan dengan Korea Selatan mulai dari budaya, tarian, pakaian daerah, dan makanan tentunya.

Dulunya, masakan asal negeri empat musim ini termasuk salah satu masakan yang kalah jauh ketenarannya jika dibandingkan dengan masakan negara tetangganya, yaitu Jepang. Menenemukan restoran masakan Korea di Ibukota Jakarta saja bisa dibilang termasuk hal yang langka. Tetapi lain waktu lain kondisi, kesuksesan Korean Hallyu juga menjadi pintu gerbang masuknya dan dikenalnya masakan Korea. Kini, mencari restoran masakan Korea di Jakarta semudah mencari restoran cepat saji, karena keberadaannya yang tersebar di mana-mana. Mulai dari restoran yang menghidangkan masakan otentik Korea, fussion food ala Korea dan juga restoran cepat saji asal Korea. Para penggemar masakan Korea seperti saya pun berbahagia hati tentunya.

Lama tidak jajan masakan Korea, akhirnya beberapa waktu yang lalu saya pun mencoba satu gerai masakan Korea bernama Bornga Express yang berada di Food Avenue, Lt. 4, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Pusat, persis di sebelah gerai Kafe Betawi. Kalau saya tidak salah ingat, dulunya gerai ini adalah gerai Ramen Sakura. Bornga sebenarnya bukan pemain baru di dunia kuliner ibu kota, restoran yang hadir sebagai restoran barbecue ala Korea ini sebelumnya sudah memiliki empat cabang yang tersebar di berbagai pelosok Jakarta. Namun, berbeda dengan restorannya, alih-alih menyajikan menu daging panggang, Bornga Expres hadir dengan menyajikan masakan Korea yang lebih kasual. Dengan kata lain, masakan yang disajikan biasanya menjadi menu rumahan di Korea sana.

Memesan makanan di Bornga Express Anda bisa memilih menu untuk berapa orang yang ingin Anda beli, mereka menyediakan menu mulai dari regular size, dua lauk yang porsinya pas untuk Anda sendiri, large size dengan empat lauk yang bisa Anda nikmati berdua dengan pasangan misalnya, atau family size dengan empat lauk ukuran besar yang diperuntukkan untuk empat orang. Setelah menentukan ukuran piring, Anda bisa memilih jenis nasi apa yang ingin Anda pilih. Ada tiga pilihan, yaitu nasi putih, nasi goreng daging sapi, dan nasi goreng kimchi. Sementara untuk pilihan lauk, variasi yang Bornga Express hadirkan juga lumayan beragam, seperti Bulgogi, Japchae, Toppokki, dan juga Fried Chicken Wings. Anda bebas memilih lauk apa saja, tetapi jangan kaget karena Anda akan dikenakan harga tambahan saat memilih lauk dari daging sapi. Harganya tergantung seberapa besar porsi yang Anda pilih.

Kalau Anda pernah makan di Mr. Park yang berada di Food Court Grand Indonesia, Bornga Express mirip seperti restoran tersebut, tetapi untuk masalah rasa saya lebih memilih Bornga Ekspress, terutama untuk menu Japchaenya. Bagi saya Korean casual dining yang satu ini cukup memuaskan dan membahagiakan perut saya dan saya akan menjadi salah satu pilihan saat saya makan di sini.
 
Oh iya, selain nasi dan lauk, Born Ga Express memiliki menu pendamping lainnya yaitu Kimchi, Daily Soup, Anchovy Stir Fry, Macaroni Salad, Glazed Potato, dan Fried Sugar Glazed Sweet Potato. Untuk sang buah hati, gerai dengan desain minimalis ini juga mempunyai menu khusus dengan porsi anak.

Mengenai range harga, makanan di Bornga Express dilabel mulai dari harga 9.000-an hingga 150.000 rupiah per porsinya. Sedangkan minuman, kalau saya tidak salah ingat mereka menyediakan beberapa jenis minuman ringan dan juga teh ocha. Hehehe, saya tidak bisa cerita banyak mengenai minumannya, karena waitress di sana sepertinya lupa menawarkannya kepada saya.

Overall, restoran ini enak dan menyenangkan. Jadi, bagi Anda penikmat kuliner Korea Selatan, bolehlah sesekali mampir dan mencoba makan di Bornga Express.






Nama Restoran: Born Ga Ekspress
Alamat: Food Avenue, Lt. 4, Jalan Professor Doktor Satrio Kav. 3-5, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta, Indonesia.
Google Maps:
 

Baca Juga: 

4 comments:

  1. masih menjadi angan2, belum tercapai nihhh, doakan supaya bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin...didoakan supaya bisa ke Bornga dan juga ke Koreanya langsung... ^_^

      Delete
  2. hi..nice review.. boleh minta alamat emailnya? atau instagram...thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, terimakasih sudah mampir di Blog saya. Untuk email bisa ke syahrina.pahlevi@yahoo.co.uk sedangkan Instagram saya di @gravityaroundme. Terimakasih.. ^_^

      Delete