Simple Food ala Chef Yuda Bustara

Article on HELLO! Indonesia, Edisi September 2015. Yuda Bustara
SIMPLE FOOD ALA CHEF YUDA BUSTARA
Malang melintang dalam balutan celemek selama bertahun-tahun, chef muda ternama ini memiliki misi untuk mengedukasi masyarakat Indonesia agar mampu memasak makanan sehari-hari yang mudah sehat dan enak. Dalam edisi ulang tahun HELLO! Indonesia kali ini, Chef Yuda Bustara menyajikan menu lezat sederhana dengan sentuhan laut di dalamnya.

Pria kelahiran Jakarta, 19 Desember 1986 ini mengaku menggemari dunia masak sejak usia tujuh tahun. Berkat dukungan keluarganya ia pun mendalami pendidikan di Taylor’s College School of Hospitality Tourism Malaysia. Bagi seorang Yuda Bustara, menjadi seorang chef tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Chef berbintang Sagitarius ini berkisah bahwa dirinya juga pernah melewati masa harus bekerja selama 14 jam sehari tanpa henti, dan terus-menerus berdiri di dapur. “Pekerjaan ini benar-benar tidak semudah dan seenak kelihatannya. Boleh dibilang tekanan yang dimiliki profesi ini terbilang lumayan tinggi. Apalagi saat itu saya bekerja di negara orang,” tutur Chef Yuda. Kembali ke Tanah Air, chef yang memiliki hobi berolahraga ini sempat mencoba profesi baru, namun kecintaannya terhadap dunia kuliner tampaknya tidak bisa dilepaskan begitu saja.

“Di profesi baru saya sempat belajar fotografi, akhirnya saya memadukan ilmu baru saya dengan ilmu yang saya dapatkan saat belajar memasak. Itu adalah awal saya juga menjadi food stylist,” ceritanya lebih lanjut. Keahlian memasaknya pun mulai dilirik oleh berbagai media, puncaknya adalah saat salah satu acara memasak yang dibawakan olehnya di salah satu stasiun televisi swasta ditayangkan ulang melalui saluran Asia Food Channel (AFC) di 13 negara.

Sering tampil di acara cooking show dengan menyajikan berbagai macam masakan yang terbilang mudah untuk diikuti oleh para penontonnya, pria yang mengaku mengidolakan sosok Sisca Soewitomo dan juga Rudi Choirudin ini pun dikenal dengan julukan chef urban. “Saya memang mengkhususkan diri untuk memasak masakan yang lebih sederhana, supaya lebih bersahabat dengan para penikmat kuliner di rumah,” lanjutnya tersenyum. Kali ini, chef yang juga kerap dijuluki sebagai chef “pemalas” ini menyajikan empat menu lezat sederhana dengan sentuhan laut di dalamnya. Seperti menu pembuka, Calamari Salad, yaitu menu salad segar dengan cumi goreng yang renyah dan gurih. Sementara itu, untuk menu utama, Chef Yuda menghadirkan menu Cheesy Beef Wellington, yaitu menu daging sapi berbumbu dalam balutan roti pastry. “Beef Wellington ini biasanya hadir dalam porsi besar, sehingga terkesan sulit untuk dibuat padahal sesungguhnya tidak. Mungkin karena porsinya yang besar. Kali ini saya hadirkan dalam versi individual, selain mudah dibuat, makanan ini bisa tahan disimpan hingga dua minggu di dalam lemari pembeku,” jelasnya.

Memanfaatkan tinta cumi yang sering terbuang begitu saja, Squid Ink Spaghetti with Unagi pun dipilih oleh Chef Yuda sebagai makanan utama lainnya. Sementara untuk penutup dirinya menyajikan menu Soft Served Ice Cream with Olive Balsamic. “Menu ini termasuk menu yang paling banyak diminta orang. Karena banyak yang bertanya bagaimana cara membuat es krim tanpa mesin,” tutur Chef Yuda bersemangat.

Squid ink Spaghetti with Unagi

Bahan:
2 sdm minyak zaitun, 2 siung bawang merah (potong dadu), 3 siung bawang putih (dihancurkan), 3 sdm wine (optional) , 1 fillet unagi siap makan,1 sdt tinta cumi, 1 cangkir tomat cincang, 1⁄2 cangkir keju gruyere diparut (optional), segenggam peterseli (cincang), bubuk cabe secukupnya, garam dan merica secukupnya, pickled ginger siap makan.

Bahan Pasta: 200 gram spaghetti, garam secukupnya.
 
Cara membuat:
1. Masak pasta sesuai petunjuk kemasan, sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bawang putih dalam minyak zaitun di atas api sedang-sampai bawang lembut.
3. Tuangkan wine (jika menggunakan), biarkan menguap sedikit.
4. Tambahkan tomat dan didihkan. 5. Tambahkan tinta cumi-cumi, peterseli cincang, bubuk cabe dan aduk rata.
6. Kecilkan api dan didihkan selama 10 menit.
7. Campur pasta dan saus lalu hias dengan peterseli cincang, cabe bubuk dan keju parut. 8. Lalu sajikan dengan unagi dan pickled ginger (optional).


Cheesy Beef Wellington


Bahan:
200 gram daging sapi tenderloin, 1 lembar keju favorit, 1 lembar puff pastry instan, 1 sdt mustard, 1 butir telur (kocok lepas), garam merica secukupnya, minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara membuat:
1. Panaskan panci hingga benar-benar panas.
2. Lumuri daging dengan garam dan merica lalu masak dengan api panas agar semua sisi kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
3. Oleskan mustard dan berikan keju di atas daging.
4. Bungkus dengan puff pastry, lekatkan kedua sisinya dengan menggunakan telur yang dikocok atau air sebagai lem.
5. Masukkan beef pastry kedalam freezer, lalu bekukan hingga siap dipanggang (bisa
disimpan sampai jangka waktu 2 minggu).
6. Untuk side dish,tumis jamur dengan sedikit minyak dan mentega, masak hingga matang dan beri garam merica secukupnya dan sisihkan.
7. Keluarkan beef pastry dari freezer. Oleskan kuning telur diatasnya dan panggang dalam suhu 180 derajat celcius selama 30- 45 menit, tergantung tingkat kematangan yang diinginkan.
8. Sajikan dengan tumisan jamur.

Calamari Salad

 
Bahan Calamari:
300 gram tepung terigu, 12 buah cumi yang telah dibersihkan, minyak untuk menggoreng secukupnya, daun kari, 1 sdt oregano, 2 sdm biji adas / fennel seed, garam dan merica secukupnya.
 
Bahan Mix Salad with Citrus Dressing:
Daun salad favorit, 1⁄2 buah lemon, minyak zaitun secukupnya.
 
Cara membuat Calamari:
1. Campur adas dan oregano lalu blender atau ulek hingga halus, tambahkan tepung garam dan merica.
2. Masukkan daun kari dan cumi ke dalam tepung, aduk hingga cumi tertutup tepung lalu goreng hingga matang, tiriskan.
3. Iris cumi sesuai selera, lalu sajikan bersama dengan salad.
 
Cara Membuat Mix salad with Citrus Dressing:
1. Panaskan panci dan letakan buah lemon di atasnya, biarkan menghitam agar menghasilkan rasa terpanggang, angkat dan sisihkan;
2. Susun daun salad, tuangkan minyak zaitun secukupnya dan sajikan dengan lemon yang sudah terkaramelisasi.
 
Soft Serve Ice Cream with Olive Balsamic
 
 
Bahan:
350 ml susu, 150 ml susu kental manis. 50 gram gula pasir, 2 1/2 sdt bubuk jelly tanpa rasa/ agar-agar, sejumput garam, 275 gram keju mascarpone.
Topping: Extra virgin olive oil, Cuka balsamic.
 
Cara membuat:
1. Di atas panci, kocok susu, susu kental manis dan gula, lalu tambahkan bubuk jelly dan garam dan didihkan.
2. Aduk hingga semua benar-benar larut. 3. Matikan api dan masukkan keju mascarpone, aduk sampai mascarpone tercampur rata, boleh juga di blender hingga
halus.
4. Setelah tercampur dengan baik, bekukan dalam cetakan es batu. 5. Saat akan disajikan ambil beberapa blok es krim dan haluskan dengan blender atau food processor sampai
lembut.
6. Dengan cepat pindahkan ke pinggan atau bisa dimasukan ke piping bag dengan corong bintang;
7. Sajikan es krim dengan sedikit cuka balsamic dan extra
virgin olive oil.

Teks: SYAHRINA PAHLEVI.
FOTO: ADI SETYO.
LOKASI: STUDIO KOKIKU TV, JL. PANGLIMA POLIM 5 NO 25b, JAKARTA SELATAN. 


Sumber: Majalah HELLO! Indonesia, September 2015 Edition
Rubrik: Resep

Baca Juga:
RoCA, Sensasi Ragam Paduan Rasa  
Restoran Signatures, Kuliner Eksotik dari Bumi Pertiwi  


2 comments:

  1. tergoda sama squid ink ... pengen nyoba ...terseda di resto mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau restorannya saya kurang tahu. Kebetulan resep ini dibuat Chef Yuda khusus untuk artikel saja, buka terkait restoran manapun. Terimakasih sudah mampir ke Blog saya.. ^_^

      Delete